9 dari 13 Warga Nasrani, Natal Tahun Ini Mendapat Pengurangan Hukuman

0
45

BAHANAFM,NGAWI – Sebanyak 9  dari 13 warga binaan Lapas Kelas IIB Ngawi mendapatkan remisi khusus Natal tahun 2021. Masing-masing warga binaan mendapatkan pengurangan masa tahanan selama satu bulan dari penerimaan putusan peradilan.

Seperti diungkapkan oleh Kasi Pembinaan dan Pendidikan Lapas Kelas II B Ngawi, Denie Kamiswara, pada Sabtu (25/12/21). Denie mengatakan, dari 13 warga binaan dan tahanan yang beragama Nasrani, 9 diantaranya mendapatkan remisi khusus Natal. Hal ini berdasarkan dari perilaku penerima dalam kesehariannya di dalam Lapas dan juga sudah menjalani 1/3 masa tahanan.

“Dari 13 narapidana 9 diantaranya telah memenuhi persyaratan penerima remisi, 9 penerima tersebut didominasi dengan jenis kelamin laki-laki,”ungkap Denie demikian panggilan akrab Kasi Binadik Lapas Kelas IIB Ngawi .

Pemberian remisi ini khusus bagi narapidana yang merayakan Natal tahun 2021, dengan pengurangan selama 1 bulan. Sedangkan untuk rincian penerima remisi, kata dia, sebanyak 5 orang dari tindak pidana umum, dan 4 orang tindak pidana khusus.

Narapidana tindak pidana umum yang mendapatkan remisi khusus Natal, kata Denie, selain harus berkelakuan baik selama di Lapas, juga harus sudah menjalani minimal 6 bulan masa pidana.

“Untuk tindak pidana khusus ada persyaratan lain, yaitu telah menjalani sepertiga masa pidana. Khususnya untuk tindak pidana narkoba diatas lima tahun,” urainya.

Sementara untuk 4 warga binaan beragama Nasrani lainnya, yang tidak mendapatkan remisi, kata Denie karena belum memenuhi persyaratan yang harus dipenuhi.

Sementara secara terpisah, Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakaan Lapas (KPLP) Kelas IIB Ngawi Ervans B. Mulyanto mengatakan, selama masa Natal dan tahun baru ini, pengamanan di Lapas Ngawi akan ditingkatkan hal ini guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Untuk menjaga stabilitas keamanan saat Natal dan tahun baru, kita mengantisipasi dengan menambahkan personel jaga dalam setiap sift. Itu akan kita lakukan hingga H+7 tahun baru 2022,”tegas Ervans.(ard)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini