Di Ngawi, 2 Dusun Kecamatan Kwadungan Airnya Terasa Asin

0
79

BAHANAFM,NGAWI -Aneh tapi nyata Kecamatan Kwadungan yang jauh dari kawasan laut, namun 2 dusun di Desa Warukkalong sumber air terasa asin. Diungkapkan oleh Juwadi selaku kepala Desa Warukkalong hanya dua dusun yang air sumurnya asin. Dua desa yang sumber airnya asin adalah Dusun Grogolan dan Wangkuk. Sementara dua dusun lain yakni Toyo dan Waruk yang berdekatan dengan 2 dusun tersebut tidak terasa asin.

” Hanya di dua dusun Grogolan dan Wangkluk, dusun lainnya tidak merasakan hal yang sama,”ungkap Juwadi.

Sementara Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Ngawi hingga kini belum bisa menjelaskan mengapa air sumur warga Dusun Grogolan dan Wangkuk, Warukkalong, Kwadungan, terasa asin. Sehingga kemarin kita mengambil sampel air dari 2 dusun tersebut sekaligus mengambil air dari PDAM, yang nantinya akan di serahkan ke lab untuk bisa diteliti.

Tim dari Dinas Perkim mencoba air yang berada di dusun Desa Warukkalong Kwadungan Ngawi

“3 Sampel air sudah kami ambil dan nantinya kita serahkan ke Lab agar di teliti kelayakannya dan sebab mengapa air asin dari kandungan air itu sendiri,’’ungkap Kasi Rehabilitasi Irigasi Disperkim Ngawi Pipit Dwi Herlina, Jumat (18/2/2022).

Apabila hasil lab yang akan kami terima minggu depan tentang kalayakan air di 2 dusun tersebut. Bakal menjadi rencana kerja kita mendatang untuk memenuhi kebutuhan air bersih dengan pembangunan sumur dalam.

“Apabila air sampel yang kita kirim dengan hasil tidak layak mendatang kita akan mengalokasikan pembangunan sumur dalam untuk 2 dusun tersebut,”tambah Pipit

Terdapat 1.100 warga atau 550 kepala keluarga (KK) menggantungkan hidup dari sumur tersebut,sehingga perlu pemeriksaan periodik untuk mengetahui airnya aman dikonsumsi. setelah hasil lab keluar kemungkinan terburuk kita akan melakukan pendataan, lokasi sumur mana yang tidak terkontaminasi rasa asin dan tempat itu nantinya akan di bangun sumur untuk kebutuhan air bersih warga.

“Air bersih menjadi kebutuhan pokok sehingga hasil lab menentukan rencana kerja mendatang,”tegasnya. (ard)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini