Partai Baru Siap Ramaikan Pesta Demokrasi 2024, Partai Apa Saja?

0
121

1. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)

Partai ini beranggotakan beberapa tokoh yang satu diantaranya mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, telah mendirikan PKN. Kini, PKN telah mengantongi SK pendirian partai dari Kemenkumham pada 2021.

Gede Pasek Suardika yang merupakan mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Hanura sebagai ketua partai ini.

2. Partai Pelita

Ketua Majelis Permusyawaratan Partai (MPP) Partai Pelita Din Syamsuddin secara simbolik menyerahkan bendera partai kepada Ketua DPP Partai Pelita, Beni Pramula.

Partai Pelita menjadi nama terbaru yang muncul setelah mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) pada Senin (28/2/2022).

3. Partai Ummat

Partai yang dinahkodai politisi lama yakni Amien Rais telah mendeklarasikan berdirinya Partai Ummat pada 29 April 2021.

Dalam kepengurusan partai, Amien menduduki jabatan sebagai Ketua Majelis Syuro, sementara menantunya, Ridho Rahmadi menempati posisi Ketua Umum.

5. Partai Rakyat

Partai yang diketuai oleh Arvindo Noviar ini telah terdaftar di Kemenkumham pada 2021. Dia mengatakan bahwa partai rakyat didirikan dengan landasan keprihatinan terhadap situasi Indonesia yang telah tiba ke jurang kehancuran.

“Sejarah ini ditulis dengan tangan besi, sejarah ditulis dengan tinta tebal. Jika negara dalam keadaan darurat, maka rakyat Sumbar diutus Allah untuk memperbaiki keadaan republik ini,” katanya.

Menurut Arvindo, SK Kemenkumham pendirian Partai Rakyat akan menjadi langkah awal dalam melakukan rekonsilidasi atau konsolidasi pengurus partainya di seluruh Indonesia.

6. Partai Rakyat Adil Makmur (Prima)

Partai Prima resmi mengantongi izin Kemenkumham sejak 2020. Dan, mendapuk Agus Jabo Prioyono sebagai ketua umum.

Agus Jabo sebelumnya sebagai Ketua Umum Partai Rakyat Demokratik (PRD).

7. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora)

Anis Matta bersama Fahri Hamzah menggagas partai Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia. Partai ini telah mendapat SK Kemenkumham pada Mei 2020. Kedua nama itu juga terpilih sebagai Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum Partai Gelora.
Partai Gelombang Rakyat Indonesia (disingkat Partai Gelora Indonesia) adalah partai politik di Indonesia yang didirikan pada tanggal 28 Oktober 2019.
Partai ini didirikan oleh 99 orang dari 34 provinsi di Indonesia.

8. Partai Buruh

Partai Buruh adalah sebuah partai politik di Indonesia yang didirikan pertama kali pada tanggal 28 Agustus 1998. Partai politik ini pernah menjadi peserta Pemilu 1999, Pemilu 2004, dan Pemilu 2009. Selama menjadi partai politik, Partai Buruh telah menggunakan tiga nama yang berbeda, yaitu Partai Buruh Nasional (1998), Partai Buruh Sosial Demokrat (2005) dan Partai Buruh (2009).

Said Iqbal resmi terpilih menjadi Ketua Umum Partai Buruh 2021-2026. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) itu terpilih dalam deklarasi dan kongres Partai Buruh ke-4 yang digelar pada 4-5 Oktober di Hotel Grand Cempaka, Jakarta.

9. Partai Kedaulatan Rakyat

Partai Kedaulatan Rakyat (disingkat PKR) adalah partai politik di Indonesia yang dideklarasikan di hotel Adiwangsa, Solo. Partai PKR merupakan jelmaan dari organisasi massa Tikus Pithi Hanata Baris. yang di Bentuk Oleh Tuntas Subagyo yang saat ini Menjadi Ketua Umum Partai Kedaulatan Rakyat. Sebagai wujud perubahan yang lebih baik untuk Indonesia.

Sumber Data : Dari berbagai referensi yang kami ambil dari laman resmi di media sosial

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini