Now playing

Rate this item
(0 votes)
Wabup Ngawi ingatkan masyarakat waspada lonjakan covid-19 pasca lebaran Wabup Ngawi ingatkan masyarakat waspada lonjakan covid-19 pasca lebaran

Antisipasi Lonjakan Covid-19 Usai Lebaran Oleh Pemkab Ngawi

By Published May 19, 2021

 BahanaFM Ngawi – Sesuai dengan kebijkaan Presiden RI Joko Widodo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi bekerja sama dengan perangkat daerah untuk mengantisipasi ledakan kasus Covid-19 pasca libur panjang lebaran tahun 1442 H.

Antok demikian panggilan akrab wakil Bupati Ngawi mengatakan langkah awal yang harus diperhatikan terkait dengan zonasi tempat wisata. Peta terakhir berdasarkan PPKM untuk wilayah Ngawi masih banyak tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat.

“Harusnya wilayah dengan zona merah dan orange untuk tempat  wisata sudah harus ditutup, nah saat ini di Ngawi untuk tempat wisata masih banyak yang mengunjungi” ujar Antok.

Adanya kasus tersebut, Antok meminta kepada perangkat daerah untuk mengajak warganya turut serta mengantisipasi adanya lonjakan jumlah Covid-19. Jika didapati warga terkena paparan Covid -19, Pemkab Ngawi sudah menyediakan tempat isolasi mandiri.

“Terkait dengan masyarakat terkonfirmasi positif Covid-19, kami menyediakan rumah sakit umum, rumah sakit widodo dan rumah sakit At-tin sebagai tempat rujukan untuk isolasi mandiri.” tambah Antok

Selain tiga rumah sakit yang telah disebutkan oleh Antok, sapaan akrab Wakil Bupati Ngawi. Alternatif lain untuk rumah sakit lapangan yaitu RSUD Geneng. Untuk saat ini RSUD yang baru dibangun ini hanya bisa menampung kurang lebih 30 pasien saja. Sementara untuk pekerja imigran yang terus berdatangan Pemkab Ngawi tetap menyediakan PMI sebagai tempat isolasi masyarakat yang bergejala.

Upaya lain yang dilakukan Pemkab Ngawi untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19 yaitu dengan pemberian vaksinasi. Antok menjelaskan, untuk vaksinasi diprioritaskan bagi lansia  dan tenaga pendidik yang belum melakukan vaksinasi.      

“Masih ada sekitar 35% tenaga pendidik yang belum melakukan vaksinasi, sedangkan wacana pembelajaran tatap muka akan segera dilaksanakan bulan Juli.” tambah Antok 

Selain bekerja sama dengan Perangkat daerah, pemkab Ngawi juga bekerja sama dengan Dinas kesehatan dan juga Puskesmas setempat. (Fiuna)

                                                                        

Read 195 times