Now playing

Rate this item
(0 votes)
Kepala BPBD Kabupaten Magetan, Ari Budi Santosa Kepala BPBD Kabupaten Magetan, Ari Budi Santosa

Siaga Bencana, BPBD Kabupaten Magetan Siapkan 13 Kampung Tangguh

By Published November 01, 2021

RASI FM, MAGETAN – Badan Penaggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Magetan menyiapkan 13 kampung tangguh untuk mengantisipasi bencana tanah longsor, banjir dan bencana non alam menghadapi musim hujan yang datang. Kepala BPBD Kabupaten Magetan Ari Budi Santosa mengatakan, menjelang musim hujan datang pihaknya mengantisipasi terhadap bencana tanah longsor. Kawasan yang diantisipasi untuk tanah longsor adalah sejumlah wilayah yang berada di kaki GUnung Lawu seperti Kecamatan Poncol, Kecamatan Plaosan, Kecamatan Sidorejo dan Kecamatan Panekan.
“ Kalau yang longsor itu takutnya ada yang rusak bangunan atau kebun atau sawah. Itu yang jadi perhatian . Kalau yang longsor itu wilayah bagian Barat kalau banjir daerah timur, semua menjadi perhatian kita,” ujarnya.
Ari Budi Santosa menambahkan, ke 13 kampung tangguh saat ini dipastikan telah siap untuk mengantisipasi bencana alam yang terjadi baik banjir,tanah logsor, putting beliung dan bencana non alam lainnya. Dua dari 13 kampung tangguh di Kabupaten Magetan juga telah berprestasi di tingkat provinsi yaitu kampong tangguh Kedung panji mendapat penghaargaan pratama sementara penghargaan utama dari Gubernur Khofifah Indar Pawaransa di teima oleh kampong tangguh di Poncol.
“ kampung tanggung itu ada 13 dan itu betul betul tangguh. Kemarin dari penilaian kita pratama Kedung panji dapat penilaian bagus dapat apresiasi dari Gubernur, terus yang utama itu poncol. 2 tahun berturut-turut dapat penghargaan,” imbuhnya.
Untuk melakukan konsolidasi sejumlah relawan dan kampong tangguh Senin pagi pemerintah daerah melakukan upacara konsolidasi sehingga setiap personil sudah siap menghadapi sejumlah bencana yang terjadi di musim penghujan. (DmS)

Read 61 times