Pemkab Ngawi, Gelontorkan Ratusan Beasiswa Untuk Mahasiswa Masyarakat Miskin

0
439
Nita Yunsurani selaku subkor falisilitasi bantuan sosial kesejahteraan keluarga Dinas Sosial Kabupaten Ngawi tengah menjelaskan persyaratan penerima Beasiswa

BAHANAfm,Ngawi – Melalui Dinas Sosial Kabupaten Ngawi, tahun ini mulai memproses pencairan beasiswa untuk jenjang pendidikan Universitas atau sekolah tinggi. Nilai bantuan penddikan yang diberikan @ mahasiswa sebesar Rp 10 juta ini, mencapai 2 Milyar. Beasiswa dalam progam perlindungan dan jaminan sosial untuk mahasiswa masyarakat miskin, diterima selama setahun sekali per bulan oktober. Hal ini diungkapkan oleh Nita Yunsurani selaku subkor falisilitasi bantuan sosial kesejahteraan keluarga Dinas Sosial Kabupaten Ngawi.
“Satu mahasiswa mendapatkan beasiswa senilai Rp 10 juta untuk 200 orang, dengan syarat dan ketentuan berlaku,”ungkap Nita Kamis (25/08/2022)

Dijelaskan oleh Nita demikian panggilan akrabnya para penerima beasiswa wajib terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), beasiswa diperuntukkan bagi mahasiswa miskin namun mempunyai prestasi. Sehingga dalam proses pendaftaran hingga validasi sesuai persyaratan hanya memenuhi 200 kouta. Tahap 1 yakni di tahun 2021 penerima mahasiswa hanya berdasarkan DTKS dan berstatus universitas negeri hanya 140 yang memenuhi persyaratan. Kemudian di tahun ini memenuhi kouta 200 orang dengan syarat penerima beasiswa selain masuk DTKS juga berprestasi.
“Pemohon beasiswa mencapai 325 mahasiswa, karena tidak memenuhi persyaratan sedikitnya 125 mahasiswa harus tersisihkan,”tambahnya.
Ditegaskannya bagi penerima pada tahap pertama belum tentu akan kembali mendapatkan pada tahap kedua, pasalnya salah satu syarat mahasiswa wajib memiliki IPK senilai 3,61.
“ Karena pendaftar banyak, bila penerima pada tahun anggaran ini tidak bisa mempertahankan nilai IPK 3,61 akan terseleksi secara alam,”tegas subkor falisilitasi bantuan sosial kesejahteraan keluarga Dinas Sosial Kabupaten Ngawi.

Ditegaskan oleh Budi Santoso selaku kepala Dinas Sosial Kabupaten Ngawi, tahun ini mahasiswa menerima 10 juta dalam proses pembelajaran mengenyam pendidikan selama 1 tahun baik di Ngawi maupun diluar kota. Kedepan dengan memanfaatkan universitas di Kabupaten Ngawi, akan menjangkau 400 mahasiswa penerima beasiswa.
“Tahun ini masih 10 juta permahasiswa, Tahun selanjutnya ditargetkan 400 mahasiswa untuk dapat bersekolah di Kabupaten Ngawi dengan jumlah beasiswa 5 juta setahunnya,”tegas Budi Santoso. (Ard)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini