Harkannas 2023, Momentum Tingkatkan Pemenuhan Protein Ikan Air Tawar Di Ngawi

0
45

Ngawi-Momentum Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang diperingati setiap 21 November, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono meminta agar kedepannya minimal terbentuk 2 kelompok peternak ikan air tawar di setiap desa yang ada di Kabupaten Ngawi, Senin (27/11/2023).

Hal ini disampaikan ketika dia menghadiri langsung festival bakar ikan sekaligus memperingati Harkannas, bertempat di Waduk Sangiran, Desa Sumberbening Kecamatan Bringin, yang bertujuan mengangkat nilai ekonomis ikan air tawar sekaligus mengajak masyarakat agar gemar makan ikan guna mencegah serta mengurangi terjadinya stunting.
“Pemenuhan protein hewani khususnya ikan tawar menjadi komitmen Pemkab Ngawi dalam mengajak masyarakat agar gemar makan ikan sebagai sumber protein dalam menuju zero stunting di Kabupaten Ngawi,” tandasnya.

Dalam Harkannas 2023, selain diadakan festival bakar ikan yang diprakarsai oleh Karang Taruna Kabupaten Ngawi, juga diadakan tabur benih ikan di waduk Sangiran sebanyak 20 ribu, yang dilanjutkan dengan lomba memancing dan lomba memasiak dengan menu olahan bakar ikan air tawar serta diakhiri dengan makan ikan bersama.

“Ikan tawar adalah sumber protein alternatif yang bisa didapat dengan mudah dan murah, karena itu, kita terus tingkatkan budidaya ikan air tawar, dan paling tidak kedepanya minimal harus ada dua kelompok budidaya ikan air tawar di setiap desa yang ada di Ngawi,” pungkasnya. (SAT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini